Wisata
Trending

20 Tempat Wisata Yang Ada Di Buleleng Bali

Kawasan Wisata Buleleng Bali memang terkenal dengan berbagai macam keindahan alamnya terutama yang berkaitan dengan pemandangan alam Air Terjun dan Pantainya. Tidak hanya itu saja, kondisi tempat wisata di Buleleng juga masih sangat asri dan bersih sehingga akan menjadi tempat wisata yang nyaman untuk dikunjungi.

Ada berbagai tempat wisata yang sangat menarik untuk kita kunjungi di buleleng. Mulai dari pantai, air terjun dan tempat-tempat rekreasi. Berikut 20 Tempat Destinasi Wisata yang ada di Buleleng Bali yang menarik dan wajib untuk di kunjungi.

1.Pantai Lovina

Pantai Lovina bukan sekadar pantai biasa pada umumnya. Di pantai ini anda tidak hanya bisa menyaksikan pemandangan pantai yang indah berhiaskan suasana matahari terbenam di sore hari. Di pantai ini, para wisatawan berkesempatan untuk melihat lumba-lumba liar.

Pantai ini memiliki sejuta pesona yang tak kalah dengan pantai lainnya yang masih berada di Pulau Bali. Kehidupan lumba-lumba yang berenang di lautan lepas menjadi salah satu dari daya tarik Pantai Lovina. Terlebih, menyaksikan kehidupan para lumba-lumba di habitat aslinya menjadi pengalaman yang jauh berbeda dibandingkan dengan lumba-lumba jinak yang ada di tempat hiburan.

2. Wanagiri Hidden Hills

Wanagiri Hidden Hills Buleleng merupakan objek wisata baru yang kini semakin populer. Kini kawasan wisata ini semakin ramai dikunjungi oleh kawula muda terutama yang hobi berselfie. Karena di tempat ini banyak spot yang instagramable.

Lokasi foto instagramable ini memiliki banyak spot foto. Spot foto yang paling populer adalah anjungan berbentuk kapal. Anda dapat berfoto seperti pose populer dalam film Titanic. Foto Anda dengan latar belakang Danau Buyan akan menambah artistik foto Anda.

3. Wanagiri Tower Garden

Wanagiri Tower Garden atau disingkat WTG, merupakan objek wisata baru yang dibuat oleh para pelaku pariwisata. Yang membuat objek wisata ini wajib untuk dikunjungi adalah ciri khas dari objek wisata ini yaitu sebuah menara bambu yang menyerupai menara Eiffel yang menjulang tinggi. Wanagiri Tower Garden menyediakan sejumlah spot untuk berselfie ria baik bersama teman-teman atau pun pasangan tercinta.

Wanagiri Tower Garden merupakan tempat wisata yang secara khusus ditujukan bagi para pencinta foto selfie. Pengelola Wanagiri Tower Garden sengaja mendesain taman dengan desain yang cantik. Beragam jenis bunga dan tanaman hias ditata secara rapi. Tak ketinggalan, keindahan alam dataran tinggi Desa Wanagiri semakin membuat tempat ini terasa begitu spesial.

4. Air Sanih

Hal yang sangat menarik di Air Sanih ini adalah lokasinya yang memang begitu dekat dengan pantai. Umumnya, sumber air yang berada di dekat pantai, memiliki air yang terasa asin karena mengandung garam. Namun, kondisi seperti itu tidak akan dijumpai di Kolam Renang Alami Air Sanih. Bahkan, air yang bisa ditemukan di kolam renang ini sepenuhnya merupakan air tawar.

Masyarakat Bali punya kepercayaan tersendiri terkait sumber air yang ada di kolam renang alami ini. Konon, air dari Kolam Alami Air Sanih, berasal dari Danau Batur. Kepercayaan tersebut diperkuat dengan cerita yang berkembang di masyarakat. Konon, pada zaman dulu ada seorang kakek yang kehilangan bebek peliharannya ketika digembalakan di Danau Batur. Tak disangka, bebek dengan tampilan yang sama, dijumpainya di Kolam Air Sanih.

5. Air Panas Banjar

Objek wisata Pemandian Air Panas Banjar ini paling terkenal di wilayah Bali Utara. Banyak wisatawan domestik maupun asing yang berkunjung ke pemandian ini untuk merasakan sensasi berendam di air hangatnya. Sudah sejak ratusan tahun lalu lokasi ini digunakan sebagai tempat pemandian. Selain dapat berendam di air hangatnya, Anda juga dapat merasakan kucuran air panas dari pancuran-pancuran yang berbentuk kepala naga.

Objek wisata Pemandian Air Panas Banjar sudah dikelola dengan baik, terbukti sudah terdapat berbagai fasilitas penunjang yang sudah dilengkapi seperti tempat parkir kendaraan yang memadai, ruang ganti dan bilas, toilet, warung-warung makan dan restoran, bahkan toko-toko penjualan souvenir dan belanja oleh-oleh.

6. Krisna Funtastic Land

Krisna Funtastic Land menjadi sebuah tempat wisata baru di Bali Utara, tempat ini memang cukup populer, bahkan saat musim liburan banyak wisatawan menikmati sensasi bermain dan rekreasi di Krisna Funtastic Land ini. berbagai wahana yang disediakan bisa memberikan tawaran nuansa baru dalam liburan, apalagi jika liburan bersama keluarga terutama anak-anak, wahana permainan cukup lengkap, sehingga tidak mengherankan tempat ini cukup populer sekarang ini.

Menikmati Krisna Funtastic Land tidak akan pernah membosankan, sejumlah permainan yang tersedia di taman rekreasi ini adalah pesawat Krisna Air, Boom-Boom Cars wahana mobil listrik, Roda Gila kendaraan listrik, roller coaster yang didesain seperti naga, Flying Cakra, Viking ayunan perahu raksasa, Singaraja Flyer sebuah kincir raksasa yang bergerak berputar perlahan serta sejumlah permainan menarik lainnya.

7. Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit menjadi daya tarik tersendiri di Bali Utara. Keberadaan air terjun ini membuktikan kalau pesona Pulau Bali tak hanya pada pantainya yang indah. Pemandangan air terjun ini memang sanggup mempesona bagi wisatawan yang berkunjung.

Air Terjun Gitgit ini mempunyai ketinggian mencapai 35 meter ini merupakan air terjun tertinggi yang bisa dijumpai di Pulau Bali. Para pengunjung akan bisa merasakan suasana yang masih sangat alami dan asri saat berkunjung ke Air Terjun Gitgit. Terlebih bagi para pemburu foto, bakal terpuaskan deh kalau berkunjung ke air terjun ini.

8. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul sangat istimewa karena lokasinya tersembunyi dan dibutuhkan usaha ekstra untuk mencapai lokasi obyek wisata ini. Untuk menuju air terjun Sekumpul, Anda harus melakukan perjalanan dengan melalui banyak tangga licin dan harus menyeberangi sungai untuk melihat air terjun dari dekat.

Selain lokasinya yang sedikit tersembunyi, keunikan lain dari Air Terjun Sekumpul adalah ada tujuh air terjun di sini. Oleh karenanya, warga setempat memberi nama Sekumpul yang artinya sekumpulan air terjun. Warga lokal menyebutnya Air Terjun Pemuatan atau Seven Points Waterfall sebutan oleh wisatawan luar negeri.

9. Air Terjun Banyumala

Bagi Anda yang mengaku sebagai seorang pencinta air terjun, tidak sah rasanya kalau tidak datang ke Air Terjun Banyumala di Bali. Air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang eksotis dan sanggup menarik perhatian para wisatawan dari dalam dan luar negeri. Bahkan, tidak sedikit yang menyebut air terjun ini sebagai air terjun paling indah di Pulau Bali.

Sebutan itu memang bukan isapan jempol belaka. Pertama kali menyaksikan keberadaan air terjun ini, para wusatawan akan terkesima oleh keindahannya. Di air terjun ini anda akan bisa menyaksikan tiga buah air terjun sekaligus yang tergabung dalam satu muara, nampak dua air terjun kecil yang mengapit air terjun lainnya yang berukuran lebih besar.

10. Air Terjun Aling Aling

Air Terjun Aling Aling ini memang cukup difavoritkan oleh para wisatawan untuk dikunjungi dan dinikmati pesonanya, keindahan alam yang masih alami dan menenagkan menjadi alasan bagi para turis untuk menikmati alam Bali dari sudut pandang yang lain.

Air Terjun Aling-Aling juga dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi dan rimbunya pepohonan hijau yang ada disekitarnya menandakan bahwa kawasan itu masih sangat alami. Yang unik dari Air Terjun Aling-Aling adalah pada bentuknya. Air Terjun Aling-Aling memiliki 2 aliran air yang terjun kelembah secara bersamaan. Pada Air terjun yang sebelah kanan debit airnya lebih besar dibandingkan air terjun disebelah kirinya.

11. Air Terjun Munduk

Perjalanan wisata ke Air Terjun Munduk bisa dilakukan dengan menyenangkan. Karena hamparan perkebunan cengkeh dan kopi menjadi sajian mata. Hijaunya dedaunan dan keasrian alam membuat sejuknya suasana. Pecinta trekking pasti sangat menikmati perjalanan dengan kaki ini. Hingga tak terasa tapak kaki harus berakhir dan menyaksikan keindahan guyuran Air Terjun Munduk.

Di bawah air terjun terbentuk kolam air yang lumayan luas dengan kontur tanah landai tidak berbatu sehingga sangat menyenangkan bagi wisatawan untuk mandi ataupun berenang. Diapit oleh tebing tinggi yang ditumbuhi vegetasi khas pegunungan, menambah indah pemandangan di sekitar air terjun.

12. Air Terjun Melanting

Air Terjun Melanting merupakan salah satu air terjun tinggi di Bali dan memiliki panorama alam yang indah. Uniknya air terjun ini berada ditengah-tengah kebun kopi dan kebun cengkeh sehingga bakal menyajikan keeksotisan dan keindahannya tersendiri. Dari kejauhan sebelum mencapai lokasi air terjun suara gemuruh air terjun sudah terdengar dengan jelasnya dan membuat langkah dipercepat karena ingin segera melihat keindahannya.

Karena lokasinya berada di perkebunan membuat disekitar air terjun ini banyak dihuni oleh sekawanan burung yang memiliki kicauan atau suara yang merdu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Air yang terjun dari ketinggian tersebut terlihat begitu indah dengan percikan-percikan kecil yang mengenai tubuh ketika Anda mendekat air terjun tersebut.

13. Air terjun Tembok Barak

Air terjun Tembok Barak yang mulai terkenal sekitar tahun 2016 ini terlihat unik dan indah, karena airnya mengalir melalui dinding tebing yang tidak terlalu tinggi. Anda bisa merasakan kesegaran air terjun ini dengan berenang di kolam yang ada di bawah air terjun . Karena di sekitar air terjun Tembok Barak ini belum ada penjual makanan dan minuman, pastikan membawa perbekalan yang cukup. Selain itu juga jangan lupa untuk membawa baju ganti .

suasana di objek wisata Tembok Barak sangat tenang, nyaman dan asri. Dinding tebing yang berwarna merah ini benar-benar menjadi ciri khas tersendiri. Tembok Barak ini akan terlihat lebih cantik pada saat siang hari dan dalam keadaan terang. Warna coklat kemerahan pada dinding tebing akan terlihat lebih jelas, berpadu indah dengan warna hijau dari lumut yang menempel pada bagian tebing lainnya.

14. Air Terjun Jembong Ambengan

Air Terjun Jembong Ambengan memiliki dua tingkat, pada air terjun pertama memiliki tinggi sekitar 15 meter. Airnya tidak terjun secara bebas, melainkan mengalir di bebatuan dan dibawahnya terdapat kolam penampungan alami dengan kedalaman sekitar 1 meter. Air Terjun Jembong Ambengan memiliki keunikan, dimana biasanya air terjun berada di tebing tinggi dengan aliran air yang jatuh secara tegak. Namun, berbeda dengan air terjun Jembong, dimana air terjun ini terletak di dataran tanah yang miring dengan kemiringan lebih dari 75 derajat.

Aroma dari udara yang sejuk dan air yang segar benar-benar menjadikan diri anda tenang dan nyaman. Air terjun Jembong menawarkan kepada anda pemandangan asri, terdapat tanaman-tanaman tumbuh mengelilingi air terjun Jembong.

15. Air Terjun Carat

Obyek wisata Air Terjun ini masih sangat alami, dan belum tersentuh oleh sarana dan prasarana pariwisata. Sehingga jangan heran jika tidak ditemukan satu bangunan fasilitas apapun di sini. Namun karena kealamiannya inilah sehingga Air Terjun Carat senantiasa dikunjungi dan menjadi daya tarik utama.

Air terjun diberi nama “Carat” karena aliran airnya seperti berasal dari caratan atau kendi tempat air minum pada jaman dahulu. Lokasi air terjun ini masih sangat disakralkan oleh masyarakat sekitar, sehingga pengunjung yang datang harus tetap menjaga etika dalam berbicara maupun bersikap, juga tidak diperbolehkan merusak apapun yang berada di sekitarnya.

16. Danau Buyan

Oleh masyarakat sekitar, danau ini lebih sering dikenal sebagai Danau Kembar, bersamaan dengan Danau Tamblingan. Sebutan itu disematkan pada dua danau ini karena lokasinya yang memang bersebelahan. Sejatinya, ada lagi 1 danau yang berada tak jauh dari lokasi Danau Buyan, yakni Danau Beratan.

Danau Buyan Bedugul ini berada di antara kedua danau tersebut. Oleh karena itu, tak heran kalau banyak wisatawan yang mengagendakan kunjungan ke 3 danau cantik di Pulau Bali ini. Secara khusus, di sini juga terdapat acara bernama Twin Lake Festival yang menjadi ajang untuk mempromosikan wisata Danau Buyan dan Tamblingan.

17. Grand Surya Waterpark

Bagi yang ingin mencari tempat rekreasi di Buleleng, Grand Surya Waterpark merupakan pilihan yang tepat. Grand Surya Waterpark adalah sebuah taman rekreasi wisata air pertama dan terbesar di kawasan Bali Utara dengan fasilitas yang modern dan lengkap untuk semua usia. Wahana air ini secara resmi dibuka pada tanggal 18 Desember 2013 lalu.

Grand Surya Waterpark lebih mengedepankan konsep go green, sehingga waterpark ini berbeda dari yang lainnya. Selain menikmati wahana air yang disediakan, pengunjung dapat refreshing dan bersantai untuk melupakan sejenak kesibukan dan kepenatan. Tidak hanya sebagai wisata air, Gran Surya Water Park juga menawarkan wisata kuliner dan aktivitas wisata lainnya.

18. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan adalah sebuah pulau kecil yang terletak dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat. Keindahan alam bawah laut Pulau Menjangan sangat digemari oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Tidak heran kalau wisatawan pun tak pernah bosan saat berkunjung ke sini.

Pecinta diving dan snorkeling pasti merasa puas tatkala dapat melihat keindahan lukisan alam bawah laut Pulau Menjangan. Tak dimungkiri, keelokan terumbu karang beserta ekosistem bawah laut kawasan Pulau Menjangan selalu menghipnotis wisatawan untuk selalu datang berkunjung.

19. Pantai Kerobokan

Pantai Kerobokan pantai dengan pasir hitamnya memang tidak memiliki ombak yang bagus untuk tempat surfing, namun trumbu karangnya masih tetap terjaga dengan baik. Suasana yang tenang menambah keasrian pantai tersebut. sudah banyak investor yang membangun villa di sana sebagai sarana penunjang pariwisata pantainya.

Taman indah yang baru ditata dan dikelola oleh pihak desa juga menambah keindahan pantai tersebut. Bagi pengunjung juga bisa menikmati makanan dan minuman yang disediakan di sana untuk sekedar bersantai atau ada acara keluarga. Menu yang paling menonjol adalah ikan bakarnya.

20. Brahma Vihara Arama

Brahma Vihara Arama Buleleng yang menjadi tempat beribadah umat Budha di Pulau Bali. Bahkan, wihara yang satu ini merupakan wihara terbesar yang ada di Pulau Dewata Bali. Mereka yang datang ke sini bukan hanya umat Budha, tapi juga para wisatawan lokal dan mancanegara. Tujuannya beragam. Mulai dari keinginan untuk bermeditasi atau sekadar mampir.

Brahma Vihara-Arama Buleleng menjadi sebuah wihara yang bersejarah di Pulau Dewata Bali. Dibangun pada masa Pemerintahan Orde Baru, tepatnya pada tahun 1969. Durasi pembangunannya tidak terlalu lama, hanya butuh waktu satu tahun. Dan selanjutnya, wihara ini pun dikenal sebagai wihara terbesar di Bali.

Ituah 20 daftar tempat wisata yang ada di buleleng bali. jika ada tempat wisata lainya silakan sarankan di komentar.

Tags
Show More
Loading...

Related Articles

Back to top button
Close