BisnisPertanian

Inilah Beberapa Rekomendasi Tanaman Yang Cocok Pada Musim Kemarau

Memasuki musim kemarau dimana kelembaban udara sangat rendah dan curah hujan sangat sedikit, Pada musim kemarau sangat berbeda pada musim penghujan dimana tanaman sayuran justru memiliki pertumbuhan yang kurang optimal, Untuk itu Para Petani harus bisa menentukan jenis tanaman yang tepat untuk ditanam dimusim kemarau. Lalu jenis tanaman apakah yang cocok untuk ditanam di musim kemarau.

Berikut ini rekomendasitanaman untuk musim kemarau yang bisa Anda budidayakan secara sederhana.

Ubi Jalar

ubi jalar
Via ilmubudidaya

Tanaman umbi yang memiliki rasa manis ini disukai hampir setiap orang. Jika selama ini anda belum pernah menanam tanama ubi jalar, maka ketahuilah bahwa tanaman ubi jalar ini merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki kemampuan bertahan yang sangat tinggi terhadap kekeringan.

Pada umumnya para petani akan menanam ubi jalar diakhir musim penghujan sehingga akan panen di musim kemarau. Karena kemanisan ubi jalar akan berkurang jika dipanen dimusim penghujan.

Ubi jalar memiliki pengakaran yang kuat dan mampu menumbuhkan akar sekunder pada sulurnya. Inilah menjadi kunci kekuatan bertahan tanaman ubi jalar di musim kemarau dimana akar halusnya mampu menyebar dengan baik untuk mencari air. Ubi jalar benar-benar tanaman yang sangat cocok ditanam dimusim kemarau. Namun panen ubi jalar tidak boleh terlalu lama karena ditakutkan akan membuat ubi menjadi terlalu keras atau malah membusuk.

Tomat

tomat
Via Agritani

Jenis tanaman yang bisa tumbuh di tanah kering umumnya cocok ditanam di musim kemarau. Salah satu sayuran buah yang satu ini. Tomat bisa tumbuh di dataran tinggi atau dataran rendah.

Warna buah tomat lebih disukai oleh suhu udara. Jika suhu udara tinggi, tomat akan memiliki warna yang lebih kuning. Idealnya, tomat ditanam pada wilayah dengan suhu 24—18 derajat Celsius sehingga warnanya pun merah cerah.

Kelembapan yang dibutuhkan untuk bertanam tomat adalah 80 persen.Sementara, untuk jumlah sinar matahari yang diterima, bisa mencapai 10—12 jam per hari. Tomat bisa tumbuh dengan baik saat diberikan pengairan yang cukup dan teratur.

Terong

Tanaman Terong juga cocok ditanam pada musim kemarau, Terong bisa tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi. terong bisa tumbuh optimal pada suhu 22—30 derajat Celcius.

Tanaman terong pun bisa tumbuh subur selama mendapat sinar matahari yang cukup, Sementara itu proses pembentukan buah akan berlangsung. Buah ini pun tidak akan berkembang jika suhu udaranya di bawah 17 derajat Celcius.

Terung juga terkenal tidak tahan terhadap genangan udara. Oleh karena itu, pengairan yang cukup diperlukan tapi jangan sampai airnya menggenang.

Mentimun

mentimun
Via Kabartani

Buah yang satu ini sangat segar dikonsumsi Saat cuaca terik. Hal ini sangat cocok karena mentimun tidak cocok tumbuh di daerah yang terlalu lembap.Mentimun akan tumbuh suburban pada suhu udara 20—32 derajat Celcius, dengan suhu udara optimal adalah 27 derajat Celcius.

Curah hujan yang dibutuhkan untuk menanam mentimun adalah 200-400 mm per bulan. Oleh karena itu, diperlukan air yang cukup diperlukan tidak perlu air dalam jumlah yang sangat banyak.

Itulah beberapa jenis tanaman yang cocok ditanam pada musim kemarau. Agar memperoleh hasil yang baik, sebaiknya anda mempelajari tentang cara budidaya masing-masing pada tanaman tersebut.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close