Wisata

Keindahan Wisata Alam Dan Segarnya Air Terjun Banyumala Di Bali Utara

Bali utara yang ternyata menyimpan banyak keindahan alam berupa air terjun. Kondisi alamnya yang masih sangat alami membuat kita merasa menyatu dengan alam. Salah satu yang patut kamu kunjungi yaitu Air Terjun Banyumala yang berada di Desa Wanagiri, Sukasada Buleleng.

Letaknya yang tersebunyi membuat air terjun ini belum banyak diketahui oleh wisatawan. Namun, jangan salah keindahan air terjun Banyumala patut disandingkan dengan air terjun lain yang berada di sekitarnya dan lebih dulu populer seperti Air Terjun Sekumpul ataupun Air Terjun Gitgit.

Hamparan hutan yang rimbun dan hijau ternyata menyimpan keindahan tersendiri. disana kamu akan menemukan surga tersembunyi berupa air terjun yang masih asri dan sangat alami. Airnya yang bersih dan jernih membuat tak sabar untuk menapakkan kaki atau sekedar membasahi kaki serta menikmati kesegaran air terjun.

Sepanjang mata memandang tumbuhan menjalar di antara bebatuan. Hal ini seolah memisahkan air terjun menjadi dua bagian. Arusnya memang tak begitu deras seperti air terjun lainnya, namun keistimewaan air yang jatuh melewati bebatuan diantara tanaman yang menjalar memiliki daya tarik tersendiri.

Lingkungan sekitarnya juga masih sangat mendukung dimana kelesatariannya masih sangat terjaga. Namun, masalah ini tentu menjadi tanggung jawab kita bersama untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dan tidak meninggalkan sampah di tempat wisata yang dituju.

Via Bali Tour


Lokasi Ke Air Terjun Banyumala Buleleng Bali

Air Terjun Banyumala terletak di Desa Pakraman Wanagiri. Tepatnya desa ini terletak di sebelah barat Danau Buyan dan Tamblingan. Kamu bisa mencapai daerah ini melalui kawasan Bedugul yaitu jalan raya Denpasar-Singaraja. Bisa juga melalui jalan raya Munduk-Singaraja.

Bila berangkat dari Denpasar kamu akan menempuh perjalanan selama 3 jam. Kondisi geografisnya tentu berbeda dengan perjalanan ke Ubud dan Kuta. Medan jalan yang naik turun serta berliku akan mudah ditemukan di sini. Namun, kamu bisa menyaksikan panorama alam menakjubkan yang disuguhkan menuju Buleleng. Tentunya perjalanan ini akan semakin menyenangkan.

Berangkat dari Denpasar cari pertigaan menuju Tamblingan. Bila berangkat dari Bedugul arahkan perjalanan ke utara sampai menemukan pertigaan Kecamatan Busung Biu dan Kota Singaraja. Dari sana belok kiri tepat di jalan utama Danau Buyan dan Tamblingan. Ikuti jalan lurus sampai menemukan penunjuk jalan menuju air terjun. Penunjuk jalan tersebut merupakan jalan masuk menuju air terjun jaraknya sekitar 3,5 km.

Bila ingin lebih mudah memang lebih baik menggunakan kendaraan bermotor. Menggunakan mobil akses jalan semakin lama akan semakin sempit sehingga harus memarkir mobil. Jarak tempat parkir untuk mobil sedikit lebih jauh daripada parkir kendaraan bermotor.

Via Bali Tour

Fasilitas Yang Tersedia Di Air Terjun Banyumala

Belum banyak fasilitas yang tersedia di sini mengingat letaknya yang tersembunyi. Hanya terdapat beberapa warung saja terutama yang berada di dekat pembelian tiket. Untuk penginapan ataupun hotel juga belum ada disekitar air terjun banyumala.

Related Articles

Back to top button
Close