BisnisPertanian

Manfaat Dan Keuntungan Menerapkan Sistem Pertanian Organik

Pertanian organik merupakan sistem pertanian yang bersifat ramah lingkungan dan hanya menggunakan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia sintetis. Sehingga menghasilkan produk yang sehat, bergizi dan juga aman dikonsumsi.

Manfaat Dan Keuntungan Bertani Organik

Banyak sekali keuntungan yang didapat jika kita menggunakan sistem pertanian organik. Berikut daftar dibawah ini merupakan beberapa keuntungan atau manfaat bertani sercara organik.

Beberapa manfaat bertani organik:

A. Manfaat terhadap lingkungan

1. Memulihkan/mengembalikan kesuburan tanah.

  • Dengan menghentikan penggunaan pupuk kimia dan menggantikanya menjadi pupuk organik maka tanah atau lahan di sekitar pertanian tersebut akan kembali kesuburanya. Karna pupuk organik dapat membantu perkembangan mikro organisme yang dapat menyuburkan tanah.

2. Mengurangi polusi udara.

  • Dengan mengganti pestisida sintetis dengan pestisida alami maka polusi yang ditimbulkan oleh pestisida sintetis tidak akan terjadi, pertanian organik juga terbukti menghasilkan gas emisi lebih kecil ketimbang pertanian konvensional.

3. Ramah lingkungan.

  • Dengan tidak menggunakan bahan – bahan kimia dalam proses budidaya maka lingkungan di sekitar lahan tidak akan rusak, sehingga kualitas air, udara, dan tanah akan tetap terjaga.

4. Menjaga keanekaragaman hayati.

  • Salah satu ciri pertanian organik adalah tingginya keanekaragaman hayati dilingkungan tersebut. selain karena tidak menggunakan pestisida sintetis banyak juga praktek-praktek budidaya organik yang dapat menjaga kanekaragaman hayati. contohnya dengan membiarkan serangga yang berguna tetap hidup dan penanaman tanaman lain sebagai pengusir hama dan serangga yang mengganggu.

B. Produk yang dihasilkan lebih sehat

  • Produk yang dihasilkan dari tanaman organik jauh lebih sehat ketimbang produk yang dihasilkan dari tanaman yang tidak organik, produk organik lebih sehat karena tidak menggunakan unsur bahan kimia dalam proses pengembanganya. Selain itu sayur dan buah yang dihasilkan dari tanaman organik sangat aman untuk dikonsumsi.

C. Harga jual meningkat

  • Produk pertanian organik lebih mahal dari pada produk pertanian non-organik apa lagi yang sudah memiliki sertifikat resmi. Karena sayur dan buah yang dihasilkan pertanian organik lebih sehat dan aman, tingkat kesulitan budidaya organik dan hasil panen yang tidak sebanyak hasil pertanian konvensional juga merupakan faktor tingginya harga produk pertanian organik dipasaran.

D. Laku diekspor

  • Salah satu penyebab tidak lakunya sayuran dan buah-buahan indonesia di pasar internasional adalah karna tingginya tingkat residu berbahaya yang di sebabkan penggunaan bahan – bahan kimia dalam proses budidaya. sedangkan sayur dan buah yang laku di pasar internasional adalah sayur dan buah yang pasti sehat dan aman.

E. Keuntungan lebih besar

  • Dengan tidak menggunakan pestisida dan pupuk berbahan kimia / sintetis yang harganya cukup mahal karna hanya memanfaatkan penggunaan limbah sebagai pupuk dan juga menggunakan pestisida alami yang mudah didapatkan dan murah disertai dengan tingginya harga produk pertanian organik dipasaran membuat keuntungan yang didapatkan lebih besar ketimbang pertanian non-organik.

Syarat-Syarat Pertanian Organik

Untuk memulai usaha pertanian dengan sistem organik ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Berikut beberapa daftar syarat pertanian organik :

  • Menggunakan pupuk organik. Pupuk organik adalah pupuk yang terbuat dari bahan-bahan alami yang tidak akan merusak lingkungan seperti kotoran ternak, limbah organik, kompos.
  • Menggunakan benih/bibit yang berasal dari pertanian organik, benih/bibit tidak boleh berasal dari hasil rekayasa genetik atau Genetically Modified Organism(GMO).
  • Tidak menggunakan pestisida kimia sintetis. Biasanya petani organik hanya menggunakan pestisida alamai yang berbahan dasar tumbuhan dan juga agens hayati.
  • Pengendalian gulma dilakukan secara manual dan menggunakan hebrisida alami.
  • Lahan budidaya pertanian harus bebas/steril dari bahan-bahan kimia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close