Wisata

Objek Wisata Alas Kedaton Tabanan, Monkey Forest

Alas kedaton merupakan salah satu tempat wisata menarik di Bali dengan kehidupan kera hutan, yang berlokasi di tabanan, Jl. Raya Alas Kedaton, Kukuh, Kec. Tabanan, Kabupaten Tabanan. tempat ini sekarang terkenal bernama Taman Wisata Alam Alas Kedaton (Alas Kedaton Monkey Forest).

Memiliki pesona hutan lebat serta banyak dihuni oleh kera, jumlahnya sampai ratusan kera. Tetapi jangan khawatir, kera-kera disini tidak akan menyerang anda kecuali anda bertindak kasar terhadap mereka. Kera yang terdapat di objek wisata ini telah terbiasa melihat manusia dan sangat jinak. Maka dari itu disaat anda memasuki gerbang, anda akan disambut oleh kera-kera ini.

Walaupun kera-kera ini jinak, tapi tetaplah binatang liar disarankan agar tetap berhati-hati terutama terhadap barang bawaan. Seperti dompet, handphone, kacamata, anting-anting dan barang-barang kecil yang lainya. Jika anda suka, bawalah sedikit makanan yang dapat anda berikan kepada kera tersebut, seperti pisang ataupun kacang. Jika anda sudah memberikan makanan, maka anda memiliki peluang berfoto bersama kera.

Sejarah Singkat Alas Kedaton

Selain anda dapat melihat kera-kera, di lokasi objek wisata ini juga terdapat pura yang di sebut Pura Dalem Kahyangan Kedaton atau Pura Alas Kedaton.

Pura Alas Kedaton merupakan bangunan peninggalan dari zaman megalitikum kuno,Pura Alas Kedaton ini dibangun oleh Mpu Kuturan atau Mpu Rajakretha semasa pemerintahan raja Sri Masuli, yang memerintah pada tahun 1100 Saka (tahun 1178).


Keunikan Pura Alas Kedaton

Posisi pura Alas Kedaton menghadap ke sisi barat dan memiliki 4 gerbang untuk pintu masuk dan keluar area pura. Keunikan Pura Alas Kedaton terdapat pada halaman pura sisi luar yang posisinya lebih tinggi dari halaman dalam pura. Jadi tidak seperti tata letak pura lain yang ada di pulau Bali. Pura di Bali rata-rata memiliki halaman dalam dengan posisi yang lebih tinggi dari pada halaman tengah.

Ketika Anda masuk ke bagian dalam pura, nuansa era Megalitikum kian terasa. Karena terdapat bangunan Menhir (batu berundak) yang merupakan tempat pemujaan leluhur kala itu.

Jika Anda melihat tembok pelinggih utama yang bertingkat lima, Anda akan menemukan dua buah ceruk dengan batu didalamnya. Arca laki-laki berada di sebelah kanan sedangkan arca perempuan berada di sebelah kiri. Ini merefleksikan budaya Hindu pada masa Megalitikum.

Pura Alas Kedaton diyakini memiliki kekuatan magis untuk melindungi seluruh areal hutan beserta warga di sekitarnya. Upacara Piodalan dilakukan pada hari Selasa (Anggara Kasih) atau dua puluh hari setelah Hari Raya Galungan.

Upacara dimulai pada siang hari dan harus sudah diselesaikan sebelum matahari terbenam. Prosesi upacara dinamakan Ngerebeg dengan tidak menggunakan dupa ataupun kwangen. Upacara Ngerebeg ini adalah salah satu tradisi budaya yang masih dijaga dan dilestarikan hingga sekarang.

Tiket Masuk Objek Wisata Alas Kedaton

Untuk Harga Tiket masuknya cukup terjangkau yaitu: orang dewasa Rp 20.000/orang, untuk anak-anak, Rp 7.500/anak, biaya parkir motor Rp 2.000/motor, biaya parkir mobil Rp 5.000/mobil, serta biaya parkir bus Rp 10.000/bus.

Tags

Related Articles

Back to top button
Close