Budaya

Tiga Pura Di Bali, Tempat Memohon Agar Segera Dianugrahi Keturunan

Sudah tidak asing lagi jika Bali dijuluki sebagai Pulau Seribu Pura. Julukan ini tentu saja sangat beralasan, karena kemanapun kaki berpijak maka akan selalu menemukan pura-pura sebagai tempat persembahyangan untuk umat Hindu. Keberadaan pura di Bali dimulai dari rumah atau yang biasa disebut sanggah atau merajan, sedikit di sekitar tempat tinggal pasti juga termasuk Pura Penataran, Puseh dan Dalem sebagai syarat keberadaan Desa Pakraman.Melihat tentang keunikan pura di Bali memang tidak akan ada habisnya.

Kali ini akan merangkumkan pura yang ada di wilayah Gianyar, Bangli dan Buleleng yang dipercaya masyarakat mampu memberikan keturunan.

1. Pura Erjeruk

Tempat memohon keturunan atau memohon anak berikutnya adalah Pura Erjeruk. Lokasinya di Banjar Glumpang, Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar. Pura ini dinyatakan bertuah untuk mereka yang kesulitan mendapatkan keturunan. Di kawasan utamaning, mandala pura merupakan pelinggih yang dinamakan Ratu Brayut, tempat inilah yang menjadi tempat memohon anak atau keturunan.

2. Pura Mas medewi

Pura Mas Medewi berada di Banjar Tegal, Kelurahan Bebalang, Kecataman / Kabupaten Bangli. Pura ini memiliki segudang keunikan dan masih sarat akan kepercayaan dan nilai mistis. Di tempat ini terdapat pancoran dan kamar mandi di lokasi ini diharapkan bisa menyediakan untuk mendatangkan pemenang. Tirta Pancoran pura mas medewi ini dipercaya memiliki khasiat mujarab, yaitu mendatangkan dukungan bagi yang mandi di tiga pancoran tersebut.


Pucak Luhur Sari Jayaprana

Pura Jaya Prana atau Pura Bhatara Sakti Wawu Rawuh atau yang lebih dikenal sebagai Pura Teluk Terima adalah pura yang terletak di tengah Taman Nasional Bali Barat, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Setelah sampai di lokasi, kita harus berjalan kaki menaiki tangga sekitar satu kilometer untuk mencapai areal Pura Jaya Prana tersebut.Jika baru pertama kali kesana maka akan terasa cukup melelahkan. Menurut kepercayaan, di Pura Jayaprana ini berstana Dewa / Dewi Kesuburan.

Tags

Related Articles

Back to top button
Close